DDTS Bengkulu Akan Jadikan Taman Wisata Edukasi Alam Ramah Lingkungan

oleh -45 Dilihat
Danau Demdam Tak Sudah (DDTS) Bengkulu akan ditata menjadi kawasan wisata alam dan edukasi lingkungan oleh Pemprov Bengkulu.(Foto/Dokumen)
Danau Demdam Tak Sudah (DDTS) Bengkulu akan ditata menjadi kawasan wisata alam dan edukasi lingkungan oleh Pemprov Bengkulu.(Foto/Dokumen)

Jakarta-Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, penataan kawasan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2024.

“Kita akan kembangkan DTTS menjadi taman wisata edukasi alam, sarat dengan edukasi yang eksklusif serta mengedepanjan story telling budaya Bengkulu, dan ramah lingkungan,” kata Gubernur Rohidin saat memimpin langsung Forum Group Discussion (FGD) I Perencanaan Penataan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) di Provinsi Bengkulu bersama para pemangku kepentingan dan pihak terkait, di Jakarta, Jum’at (07/6/2024).

Ia mengatakan, letak DDTS yang tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu, maka setelah dilakukan penataan akan menjadi ikon baru selain Pantai Panjang Bengkulu.

Kawasan DDTS memiliki luas sekitar 577 hrktare, sehingga kawasan ini jika dijadikan objek wisata dayung sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan danau dengan menggunakan fasilitas jetty.

“Jadi tadi kita sampaikan konsep pengembangan wisata DDTS ini dan alhamdulillah mendapatkan respon positif dari berbagai pihak, termasuk dari Tokoh Masyarakat Bengkulu yang ada di Jakarta serta dari para tamu FGD,” tambah Gubernur Rohidin.

Sementara untuk menunjang kegiatan besar, katanya baik event besar maupun umum untuk menggerakkan ekonomi daerah, nantinya di kawasan wisata DDTS juga akan dibangun amphitheater.

“Khusus untuk event daerah Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu akan menyusun event yang sesuai dengan karakteristik wisata DDTS,” imbuhnya.

Rencana desain wisata DDTS ini diharapkan dibuat tulisan besar Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) yang dapat dilihat dari view mana saja. Kemudian jika dilihat dari atas terdapat view Bunga Rafflesia yang besar.

Selanjutnya, mengakomodir UMKM yang variatif dan sesuai dengan kekhasan daerah. Sekaligus mengakomodir biota endemik yang ada seperti Anggrek Pensil dan Kantong Semar.

Diketahui bahwa pembangunan jembatan elevated Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) sudah selesai dan diresmikan di akhir tahun 2023 lalu.(min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.