Pelatihan Aparatur Desa di Bengkulu Upaya Strategis Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

oleh -34 Dilihat
Puluhan aparatur desa di Bengkulu mengukuti pelatihan untuk mendukung program pembangunan nasional secara berkelanjutan, Rabu 25 September 2024.(Foto-Humas Pemprov Bengkulu)
Puluhan aparatur desa di Bengkulu mengukuti pelatihan untuk mendukung program pembangunan nasional secara berkelanjutan, Rabu 25 September 2024.(Foto-Humas Pemprov Bengkulu)

Bengkulu-Dalam upaya mendukung pembangunan nasional yang melibatkan seluruh lapisan aparatur pemerintahan, mulai dari pusat hingga desa, Pemerintah Provinsi Bengkulu mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa.

Asisten II Pemprov Bengkulu, Raden Ahmad Denny, Rabu (25/9/2024) mengatakan, pembangunan nasional bertujuan menciptakan masyarakat yang adil dan makmur, dengan fokus pada pembangunan manusia secara menyeluruh.

“Salah satu strategi meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam mengelola dana desa adalah melalui pelatihan seperti ini,” ujar Denny, seraya menambahkan peningkatan kapasitas aparatur desa harus menjadi prioritas pemerintah daerah.

Dengan sumber daya yang berkualitas, maka organisasi dapat berfungsi lebih optimal dan langkah-langkah yang diambil akan lebih tepat sasaran dalam memaksimalkan pengelolaan dana desa.
“Yang terpenting adalah memilih tim pelaksana yang dapat bekerja konsisten dan amanah. Dengan demikian, dana desa benar-benar dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan berkontribusi pada peningkatan ekonomi,” tambahnya.

Didi, salah seorang perangkat desa Padang Petron, Kecamatan Kaur Selatan, Kabupaten Kaur mengungkapkan, pelatihan ini sangat bermanfaat. Pelatihan ini mendorong perencanaan program pembangunan desa yang lebih sesuai dengan potensi desa dan mendekatkan aparatur desa pada pelayanan masyarakat.

“Program pelatihan ini membantu memastikan anggaran pendapatan dan belanja desa sejalan dengan rencana pembangunan yang disusun oleh pemerintah desa,” tutup Didi.

Reporter : Usmin

Editor : M Rareza Rebi Aldo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.