Kekayaan Alam Jadi Penentu Bengkulu Terpilih Tuan Rumah Rakornas Literasi 2024

oleh -14 Dilihat
Rapat persiapan bersiapan Bengkulu menjadi tuan rumah Rakernas Literasi bersamm pihak Kemenko PKM, Jumat 13 September 2024.(Foto-Humas Pemprov Bengkulu)
Rapat persiapan bersiapan Bengkulu menjadi tuan rumah Rakernas Literasi bersamm pihak Kemenko PKM, Jumat 13 September 2024.(Foto-Humas Pemprov Bengkulu)

Bengkulu-secara resmi terpilih sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas 2024. Acara bergengsi ini akan diselenggarakan oleh Kemenko PMK RI, dengan persiapan yang saat ini sedang gencar dilakukan untuk memastikan kelancaran pelaksanaannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten I Setda Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Bengkulu, Khairil Anwar, setelah mengikuti rapat persiapan via video conference bersama Kemenko PMK dari ruang Rafflesia, kantor Gubernur Bengkulu, Jumat (13/9/2024).

“Hari ini kami melanjutkan rapat finalisasi terkait kesiapan Bengkulu sebagai tuan rumah Rakornas Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas yang akan diadakan pada 23-27 September 2024. Terpilihnya Bengkulu sebagai tuan rumah adalah hasil dari penghargaan revitalisasi bahasa daerah yang diberikan oleh Kemendikbudristek RI pada 2 Mei lalu,” ujar Khairil.

Ia juga menjelaskan bahwa kekayaan alam Bengkulu menjadi salah satu alasan penting terpilihnya provinsi ini sebagai lokasi Rakornas. Dengan sumber daya alam yang melimpah, penyelenggaraan Rakornas ini diharapkan dapat menjadi inspirasi lahirnya berbagai inovasi baru di Bengkulu.

“Dengan peningkatan literasi, kami berharap inovasi dan kreativitas baru akan tumbuh di Bengkulu. Pembudayaan literasi ini juga menjadi wujud kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk mendorong inovasi dan kreativitas di daerah,” lanjutnya.

Asisten Deputi Literasi, Inovasi, dan Kreativitas Kemenko PMK, Molly Prabawaty, dalam pernyataannya melalui video conference, mengungkapkan bahwa 13 kementerian telah dipastikan berpartisipasi dalam Rakornas ini. “Jumlah tersebut bisa bertambah menjadi 16 kementerian jika peninjauan terhadap Pulau Tikus disetujui,” kata Molly.

Ia juga menekankan pentingnya literasi dalam mendorong kreativitas dan inovasi yang dapat meningkatkan produktivitas, terutama di era milenial yang terus menghasilkan pengetahuan dan inovasi baru setiap harinya. “Kami berharap kehadiran Rakornas di Bengkulu akan memberikan warisan positif, khususnya dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di provinsi ini,” tutup Molly.

Sebagai informasi, Rakornas Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas 2024 akan berlangsung selama hampir seminggu penuh, dengan salah satu agenda penting berupa kunjungan perwakilan Kemenko PMK ke destinasi wisata Pulau Tikus di Bengkulu.

Reporter    : Usmin

Editor         : M Rareza Rebi Aldo

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.