197.082 Warga Provinsi Bengkulu Terakses Kartu Prakerja

oleh -434 Dilihat
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Provinsi Bengkulu, Edward Happy.(Foto/Ist)
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Provinsi Bengkulu, Edward Happy.(Foto/Ist)

Bengkulu-Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu, mencatat sebanyak 197.082 warga di daerah ini telah mengikuti program Kartu Prakerja.

Kepala Disnakertrans Provinsi Bengkulu, Edward Happy, di Bengkulu, Kamis (6/10/2022) menjelaskan, keberadaan program Prakerja yang dibuka sejak 11 April 2011 telah membawa sisi positif bagi pelaku usaha maupun yang usia kerja yang sedang mencari kerja.

Keberadaan Kartu Prakerja membuat angkatan kerja di daerah lebih produktif dalam memanfaatkan dana sebesar Rp4,2 juta per individu untuk pengembangan wirausaha maupun sebagai operasional dalam pencari kerja. Selain itu, program Kartu Prakerja ini juga dapat menekan angka pengangguran di daerah, termasuk di Provinsi Bengkulu.

“Sejak diadakannya Program Kartu Prakerja ini, pemerintah telah berhasil menekan angka pengangguran di berbagai daerah. Namun harus ada upaya produktif dalam penggunaan dana ini supaya tidak habis secara cuma-cuma,” katanya seperti dilansir RRI.CO.ID.

Edwar menambahkan, pasca pandemi Covid-19, keberadaan Kartu Prakerja difokuskan untuk pemulihan ekonomi nasional, khususnya pada pengembangan keahlian dan produktivitas angkatan kerja.

Dari nilai tersebut, angkatan kerja diwajibkan untuk mengakses pelatihan secara langsung dengan ragam pelatihan skilling, reskilling, dan upskilling. “Program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era pandemi Covid-19,” ungkapnya.

“Jadi sekarang normal, dan keberadaannya ditujukan untuk peningkatan keahlian supaya angkatan kerja atau yang telah memulai bisnis dapat mengembangkan usahanya,”  tandas Edwar.

Adapun rincian jumlah pengguna Kartu Prakerja di Bengkulu sebanyak 197.082 orang, di antaranya Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 15.430 orang, Bengkulu Utara 12.762 orang, Bengkulu Utara 24.624 orang, Kaur 13.175 orang, Kepahiang 19.267 orang, Lebong 12.679 orang, Mukomuko 6.594 orang, Rejang Lebong 29.809 orang, Seluma 15.189 orang, dan Kota Bengkulu 47.563 orang.(min)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.