Seleksi JPT Pratama Pemprov Bengkulu Masuki Babak Final Tiga Besar

oleh -74 Dilihat
Timsel JPT Pratama Pemprov Bengkulu tengah melakukan pemeriksaan atas jabawan para peserta. Kini tahap seleksi memasuki babak final tiga besar.(Foto/Pemprov Bengkulu)
Timsel JPT Pratama Pemprov Bengkulu tengah melakukan pemeriksaan atas jabawan para peserta. Kini tahap seleksi memasuki babak final tiga besar.(Foto/Pemprov Bengkulu)

Bengkulu-Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Bengkulu, Isnan Fajri mengatakan, seleksi jabatan pimpinan tertinggi (JPT) dilingkup Pemprov Bengkulu memasuki babak final atau akhir dari rangkaian seleksi.

Hal terebut diungkapkan Sekdaprov Bengkulu juga sekaligus Ketua Timsel JPT dilingkup Pemprov Bengkulu, Isnan Fajri kepada wartawan, di Bengkulu, Senin (29/04/2024).

Ia menatakan, tahapan akhir dari seleksi JPT Pratama ini, nilainya akan diakumulasi mulai dari pelaksanaan seleksi administrasi, assessment, penulisan makalah dan tahapan wawancara.

Selanjutnya Timsel akan melakukan penilaian dari nilai tersebut. Dari nilai ini akan menetapkan tiga besar, dan hasil tiga besar ini akan disampaikan ke Gubernur Bengkulu.

“Jadi, tugas pansel batasannya menetapkan anking tiga besar. Hasil 3 besar akan kita sampaikan ke Gubernur Bengkulu. Selanjutnya terserah Pak Gubernur untuk memilih satu orang dari tiga orang yang akan diangkat menjadi kepala OPT dan sebagainya,” ujar Isnan.

Ia menambahkan, dalam proses tahap seleksi JPT tersebut, tidak ada kendala sama sekali dan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia. Namun, dari beberapa tahapan itu ada beberapa yang tidak hadir dangan alasan yang tidak diketahui.

“Alhamdulillah pelaksanaan seleksi JPT dilingkup Pemprov Bengkulu berjalan baik sesuai dengan jadwal yang sudah tentukan oleh panitia timsel. Namun, memang dari tahapan itu ada beberapa yang tidak hadir tanpa alasan,” ujarnya.

Tiga besar JPT yang dipilih timsel akan mengisi kekosongan beberapa jabatan kepala dinas, dan kepala biro karena terjadi rotasi pejabat beberapa lalu dan mengganti pejabat yang akan pensiun dalam waktu dekat ini.

Untuk itu, pejabat yang terpilih menjadi kepala dinas dan kepala biro nantinya diharapkan dapat mengoptimalkan fungsi-fungsi organisasi yang sudah lama mengalami kekosongan.

Sementara itu, Plt Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bengkulu Safnizar mengatakan, sesuai dengan tahapan ini adalah pendalaman ide dan gagasan yang akan digali pansel nanti khususnya di lingkungan DLHK.

“Persiapannya lebih ke arah sana dan untuk penulisan makalah, strategi pembangunan kehutanan dan lingkungan hidup yang berkelanjutan berbasis potensi lokal di Provinsi Bengkulu ke arah analisis permasalahan yang ada. Kemudian diakumulasikan analisis lalu ditemukan bagaimana penyelesaiannya,” ujarnya.

Safnizar mengaku optimistis dapat mengikuti seleksi JPT sampai akhir.”Saya menjabat Plt Kadis LHK kemarin menjadi pengalaman yang berharga, terutama bagi saya, baik pengembangan diri maupun ketika menghadapi tahapan seleksi ini,” ujarnya.

Ia mengakui sudah mendalaminya dan betul-betul pengalaman yang sangat berharga untuk mengikuti semua tahapan seleksi ini,” demikian Safnizar.(min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.