Rohidin Mersyah: Universitas Terbuka Sediakan Akses Pendidikan Tanpa Batas

oleh -9 Dilihat
Mahasiswa baru Universitas Terbuka Bengkulu menjalani orientasi di kampus UT setemat. Acara ini dibuka Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Sabtu 14 September 2024.(Foto-Humas Pempriv Bengkulu)
Mahasiswa baru Universitas Terbuka Bengkulu menjalani orientasi di kampus UT setemat. Acara ini dibuka Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Sabtu 14 September 2024.(Foto-Humas Pempriv Bengkulu)

Bengkulu-Universitas Terbuka Bengkulu menggelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) bagi mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 semester ganjil. Acara ini berlangsung secara tatap muka di ruang Rafflesia Hotel Santika Bengkulu, Sabtu (14/9/2024).

Kegiatan OSMB dihadiri secara luring oleh 683 mahasiswa baru, sedangkan 183 mahasiswa lainnya mengikuti secara daring. OSMB bertujuan untuk memperkenalkan proses belajar di perguruan tinggi dan membantu mahasiswa memahami sistem pendidikan yang diterapkan di Universitas Terbuka (UT).

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, dalam sambutannya menegaskan bahwa Universitas Terbuka, sebagai perguruan tinggi negeri ke-45 yang didirikan pada 4 September 1984, memiliki visi untuk memberikan akses pendidikan yang luas bagi seluruh warga negara Indonesia, tanpa batasan waktu dan tempat.

“Universitas Terbuka hadir memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya di Bengkulu, untuk mengejar pendidikan tinggi tanpa terhalang oleh jarak dan waktu,” ujar Rohidin.

Ia juga menambahkan bahwa orientasi ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam menjalani pembelajaran mandiri di sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh, serta membangun kemandirian dalam belajar.

“Kami berterima kasih kepada Universitas Terbuka Bengkulu yang terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam mencetak generasi muda Bengkulu yang berpendidikan, cerdas, dan berkarakter,” tambah Rohidin.

Rohidin juga menyoroti pentingnya program beasiswa RPL Desa Provinsi Bengkulu yang sudah memasuki angkatan kedua. Program ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia di desa melalui pendidikan tinggi.

Direktur Universitas Terbuka Bengkulu, Yusrizal, menjelaskan bahwa kegiatan OSMB adalah bagian dari Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ), yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan belajar mandiri yang efektif dalam sistem pembelajaran jarak jauh.

“OSMB dirancang agar mahasiswa dapat mengenal lingkungan akademik di UT dan mempersiapkan diri untuk berhasil dalam studi di UT,” kata Yusrizal.

Yusrizal juga mengimbau para mahasiswa baru untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan baik agar dapat memahami sistem pembelajaran di UT, yang akan mendukung kesuksesan mereka di masa depan.

Reporter   : Usmin

Editor       : M Rareza Rebi Aldo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.